HIV AIDS, Obat dan Penanggulangannya

Posted on 29 September 2009

2


Banyak di antara kita tahu bahwa setiap hari ada satu orang yang tertular AIDS atau meninggal karena penyakit ini. Akan tetapi kendati statistik juga menunjukkan bahwa lebih dari sejuta orang Amerika menderita penyakit virus yang fatal ini, harapan untuk penanggulangannya tetap ada meskipun samar.

“Pada awalnya, penderitanya akan meninggal dalam beberapa bulan setelah terdiagnosis. Tetapi, semakin banyak yang telah berhasil kita pelajari tentang penyakit ini, sehingga sekarang ada banyak orang yang tetap dapat hidup dengan sangat sehat selama jangka waktu yang lama,” kata Peggy Clarke, ketua American Social Health Association di Research Triangle Park, North Carolina.

Obat-obat antivirus seperti zidovudine (AZT), didanosine (Videx), dan zalcitabine (Hivid) dapat memperlambat perkembangan penyakit ini, yang secara pelan-pelan merusak sistem kekebalan, sehingga infeksi-infeksi fatal dan kanker mudah sekali menyerang tubuh.

Akan tetapi obat untuk penyakit mematikan ini belum ada. Maka cara terbaik untuk memerangi AIDS adalah menghindarinya. sejak awal. Artinya, gunakan kondom bila anda suka berganti pasangan, atau berhubungan hanya dengan satu orang yang sama-sama telah terbukti bebas dari virus perusak kekebalan tubuh (HIV) yang menyebabkan AIDS. Apabila anda harus disuntik, jangan mau menggunakan jarum bekas orang lain, karena HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh yang tertinggal dalam jarum.